Jumat, 25 Februari 2011

Sikap


Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atauperistiwa. Hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu.

KomponenUtama Sikap
Sikap mempunyai tiga komponen utama:kesadaran, perasaan, dan perilaku.
Keyakinan bahwa "Diskriminasiitu salah" merupakan sebuah pernyataan evaluatif. Opinisemacam ini adalah komponen kognitif dari sikap yangmenentukan tingkatan untuk bagian yang lebih penting dari sebuah sikap-komponen afektifnya. Perasaan adalah segmen emosionalatau perasaandari sebuah sikap dan tercermin dalam pernyataan seperti "Saya tidakmenyukai John karena ia mendiskriminasi orang-orang minoritas." Akhirnya,perasaan bisa menimbulkan hasil akhir dari perilaku. Komponen perilaku dari sebuah sikapmerujuk pada suatu maksud untuk berperilaku dalam cara tertentu terhadapseseorang atau sesuatu..

PerilakuMengikuti Sikap
Pada akhir tahun 1960-an, hubunganyang diterima tentang sikap dan perilaku ditentang olehsebuah tinjauan dari penelitian. Berdasarkan evaluasi sejumlah penelitian yangmenyelidiki hubungan sikap-perilaku, peninjaumenyimpulkan bahwa sikap tidak berhubungan dengan perilaku atau, paling banyak,hanya berhubungan sedikit. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sikapmemprediksi perilaku masa depan secara signifikan danmemperkuat keyakinan semula dari Festinger bahwa hubungan tersebut bisaditingkatkan dengan memperhitungkan variabel-variabel pengait. 

SikapKerja Utama

KepuasanKerja
Kepuasan kerja adalah perasaanpositif tentang pekerjaan seseorang yang merupakan hasil dari evaluasikarakteristik-karakteristiknya. 

KeterlibatanPekerjaan
Keterlibatan pekerjaan adalahtingkat di mana seseorang memihak sebuah pekerjaan, berpartisipasi secara aktifdi dalamnya, dan menganggap kinerja penting sebagai bentuk penghargaandiri. 

KomitmenOrganisasional
Komitmenorganisasional adalah tingkat di mana seseorang memihak sebuah organisasiserta tujuan-tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaan dalamorganisasi itu. Tiga dimensi terpisah komitmen organisasional adalah:
  • Komitmen Afektif
  • Komitemn Berkelanjutan
  • Komitmen Normatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar